Ingin Segera Umroh, Inilah 5 Hal yang Bisa Anda Lakukan

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 23 September 2024, 16:57:17

Untuk kaum muslimin, berangkat ibadah umrah adalah impian yang selalu ada dalam benak. Mengingat saat ini untuk melaksanakan haji memerlukan biaya yang mahal dan waktu tunggu yang semakin panjang, umrah menjadi solusi untuk mereka yang sudah memimpikan ingin pergi ke tanah suci.

Tapi, keinginan saja tidak akan jadi kenyataan jika Anda tidak mulai mempersiapkan diri untuk pergi umrah. Utamanya soal keuangan. Jika tidak ada goal yang jelas kapan Anda akan melaksanakan umroh, Anda tidak akan pernah mempersiapkan dana khusus untuk ibadah umrah. Jadi, bagaimana cara agar segera berangkat ibadah umrah jika impian Anda sudah tidak tertahan? Tenang, kami akan membocorkan tipsnya buat Anda. Berikut tipsnya!

piggy-bank-968302_1280.jpg

Image by Steve Buissinne from Pixabay 

1) Niat Kuat-kuat

Jika Anda ingin cepat menunaikan umrah, pasanglah niat kuat-kuat supaya Anda bisa segera berangkat ke Baitullah. Banyak orang muslim yang secara keuangan mampu untuk melaksanakan umrah, akan tetapi mereka tidak berniat untuk umrah, lho!

Mungkin karena dari sisi keagamaannya kurang mendapat input tentang pentingnya ibadah umrah, atau memang mereka menjatuhkan pilihan untuk mendahulukan hal-hal yang bersifat duniawi seperti memiliki rumah, mobil, baju, perabotan, menjalankan hobi, liburan dan seterusnya.

Oleh karena itu, Anda termasuk golongan orang yang beruntung ketika Anda memiliki niatan untuk beribadah umrah. Bahkan, Anda belum memiliki dana berlebih untuk ibadah umrah, tapi karena niat yang kuat, bukan tak mungkin Anda bisa berangkat ibadah umrah duluan dibandingkan dengan mereka yang punya banyak uang|memiliki kelebihan harta|kaya) tapi tidak memiliki niat umrah. Jadi, kekuatan niat adalah modal agar Anda dapat mencari jalan keluar untuk mewujudkan cita-cita Anda berangkat umroh dengan cepat. Yakini sepenuh hati bahwa Anda LAYAK untuk ibadah umrah, atas seizin Allah.

2)  Cari Info Selengkapnya Tentang Ibadah Umrah

Langkah kedua yang dapat Anda coba untuk bisa cepat berangkat ibadah umroh adalah dengan mencari tahu tentang apa itu umrah. Mulai dari rukun, doa-doanya, persiapannya, manasiknya, dan semua hal terkait dengan ibadah umrah. Kemudian, yang tidak kalah pentingnya adalah Anda harus mencari tahu tentang biro jasa travel umrah yang terpercaya untuk memberangkatkan Anda ke Baitullah. Anda dapat mencarinya sendiri lewat online, menimbangnya dengan beberapa travel umrah lain, atau bisa juga meminta pertimbangan keluarga dan teman yang sudah pernah berangkat umrah.

tablet-1075790_1280.jpg

Image by Niek Verlaan from Pixabay

Anda juga dapat menggali info terkait ibadah umrah dengan cara diskusi dengan sahabat, kerabat atau berkonsultasi dengan ustadz yang Anda percaya. Semakin Anda menggali informasi tentang umrah, maka Anda telah memancarkan vibrasi yang kuat ke alam semesta bahwa Anda siap diundang ke tanah suci dari Allah SWT. Ini juga ikhtiar agar dapat mempercepat sampai ke tujuan lho!

3) Siapkan Dana Tabungan Umrah

Buat Anda yang belum punya dana khusus untuk langsung berangkat umrah, tenang saja. Anda bisa mulai menganggarkan untuk ongkos umrah mulai saat ini juga. Yang perlu Anda lakukan adalah membuka tabungan umrah dan berusaha untuk teratur menabung. Tentukan kapan kapan Anda umrah. Anda harus memasang target kapan Anda akan berangkat umrah, agar ada semangat untuk merealisasikan target tersebut.

Misalnya, Anda berkeinginan untuk berangkat umrah 3 tahun lagi. Biaya umrah dan lain-lainnya kurang lebih 30-35 juta rupiah. Maka, dengan gaji misalnya 3 juta per bulan, Anda harus menganggarkan sekitar 1 juta setiap bulan untuk bisa berangkat ibadah umrah. Dalam waktu 3 tahun (36 bulan) Anda akan memiliki tabungan sebesar 36 juta rupiah. Realistis, kan? Anda dapat sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda masing-masing. Jika ingin lebih cepat lagi, Anda dapat menggunakan dana talangan untuk ibadah umrah dari bank atau lembaga keuangan sejenis.

4) Minta Doa Restu Orang Tua

Ini adalah ikhtiar langit yang bisa Anda terapkan sebagai cara cepat melaksanakan umrah. Sudah sering yang membuktikan cara ini, dengan ridho dari ibu dan bapak atau mertua, keinginan untuk berangkat ibadah umrah akan lebih mudah terealisasi. Tentu Anda ingat, kalau ridho Allah terletak pada ridho orangtua?

Beritahukan dengan sungguh-sungguh jika Anda ingin beribadah umrah, buatlah bahagia kedua orang tua Anda, buat hati mereka bahagia dan mereka pun akan dengan senang hati memanjatkan doa untuk Anda agar bisa melaksanakan umrah.

5) Cerdas Memilih Umrah Hemat yang Berkualitas

Cara berumroh hemat di zaman sekarang ini bermacam-macam. Ada yang menempuh melalui cara umrah backpacker, ada pula yang memilih mengikuti paket umrah di waktu off peak season supaya mendapat diskon yang lumayan. Selain itu, memesan paket umrah secara rombongan juga dapat dijajal untuk mendapatkan diskon dari biro umrah, sehingga ibadah umrah Anda jadi lebih hemat biaya tanpa mengesampingkan kualitas layanannya.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id