10 Hal yang Wajib Anda Persiapkan Sebelum Berangkat Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 23 September 2024, 16:57:17

Bagi Anda yang baru pertama kali akan melaksanakan umrah, Anda pasti bingung tentang hal yang harus Anda persiapkan sebelum umrah. Mulai dari persiapan dokumen, registrasi, kelengkapan barang, dan lain sebagainya. Hal ini harus diperhatikan, karena apabila ada yang kurang dipersiapkan, maka Anda mungkin tidak bisa tenang beribadah umrah di tanah suci.

Nah, sebagai visualisasi apa yang harus Anda persiapkan sebelum umrah, Anda bisa mengikuti artikel berikut ini dari awal hingga akhir.

Persiapan Fisik

Hal pertama yang harus diketahui adalah umrah sama halnya dengan ibadah Haji, yaitu rukun-rukunnya membutuhkan kesehatan jasmani yang prima. Oleh karena itu, jamaah umrah yang hendak melaksanakan umrah setidaknya wajib ada persiapan sebulan sebelumnya untuk menyiapkan fisik yang kuat supaya ibadah umrahnya lancar.

man-1245658_1280.jpg

Image by Free-Photos from Pixabay

Anda dapat menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, serta minum suplemen seperti madu, vitamin, dan seterusnya. Anda juga bisa memulai rutin berolahraga, seperti lari pagi, workout ringan, atau olahraga lainnya. Berbekal tubuh yang kuat akan mendukung kelancaran Anda dalam beribadah umrah di Baitullah.

Persiapan Rohani

Selain tubuh yang kuat, Anda juga wajib menyiapkan rohani Anda agar bisa benar-benar khusyu’ dalam melakukan ibadah umrah. Umrah membutuhkan niat yang tulus ibadah karena Allah SWT, serta keikhlasan yang tinggi. Karena bagi seorang muslim yang menjalankan umroh berarti harus mengesampingkan pekerjaan dan keluarga untuk beberapa waktu. Selain itu, Anda juga harus menghabiskan sejumlah dana yang wajib dibayarkan via biro travel umrah yang Anda gunakan.

Persiapan Dokumen

Dokumen yang harus dipenuhi sebelum umrah antara lain KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, surat vaksinasi, buku nikah, tiket pesawat, bukti tanda terima pemesanan tempat menginap, bukti pembayaran, dan lain-lain.

Persiapan Barang yang Harus Dibawa

Nah, ini adalah persiapan yang harus diperhatikan. Ada Baiknya, Anda membawa maksimal tiga tas dan koper guna membawa barang yang Anda bawa. Satu koper besar, sebuah tas jinjing, dan sebuah tas berukuran kecil. Masing-masing dapat diisi dengan barang sesuai keperluan. Misal untuk pakaian ditaruh dalam koper, tas jinjing untuk memuat peralatan mandi, obat-obatan dan dokumen, sedangkan tas kecil untuk membawa identitas, tisu, pelembab, dan lainnya.

Belajar Tentang Ibadah Umroh

laptop-820274_1280.jpg

Image by fancycrave1 from Pixabay 

Langkah ini kadang terabaikan, padahal sebenarnya hal ini adalah langkah yang cukup penting untuk diperhatikan. Sama halnya saat kita akan melaksanakan suatu ibadah, kita harus memahami syarat sahnya, rukun-rukunnya, urutannya agar tertib, apa saja aturannya, dan doa yang harus diucapkan. Anda dapat mencari sumbernya yaitu dengan membaca buku panduan umrah, berselancar di internet tentang ibadah umrah, dan sharing dengan orang yang pernah melaksanakan ibadah umrah.

Memilih Biro Travel Umroh yang Terpercaya

Sebaiknya, pilihlah biro travel umrah yang bonafid. Anda bisa mengeceknya dengan cara membaca testimoni jamaah yang telah diberangkatkan, juga mengamati profil serta riwayat biro travel umroh tersebut. Jika biro travel umrah Anda telah memakai software khusus aplikasi untuk umrah sehingga layanan mereka bisa Anda cermati melalui daring, misalnya dengan mengunjungi website, mendapat pemberitahuan email dan pesan singkat untuk kelanjutan pendaftaran Anda, dan sebagainya.

Menyiapkan Obat-obatan Pribadi

Apabila Anda memiliki riwayat kesehatan yang tidak baik, mempunyai alergi khusus, dan memerlukan konsumsi obat-obatan khusus, Anda perlu menyiapkan obat-obatan khusus yang harus Anda bawa saat pelaksanaan ibadah umrah. Selain obat khusus, obat yang umum misalnya P3K dan minyak angin, juga bisa Anda bawa secukupnya.

Menyiapkan Barang-barang Spesifik Wanita/Pria

Barang-barang spesifik wanita banyak macamnya, misal pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, kerudung, jarum pentul, inner hijab, kaos kaki, dalaman, dan sebagainya.

Untuk laki-laki, karena memakai kain ihram tanpa jahitan, Anda dapat membawa kain ganti dan juga pakaian cadangan ihram yang dibutuhkan. 

Menghafalkan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Umrah

Ketika umrah, biasanya ada beberapa doa yang ingin Anda ungkapkan. Ada pula doa titipan dari saudara dan juga rekan. Agar tidak lupa, siapkan catatan khusus doa, supaya Anda tidak lupa dan tidak blank saat memanjatkan doa di lokasi yang mustajab.

Persiapan Suplemen untuk Menjaga Kekuatan dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali menjaga stamina saat beribadah umrah. Anda dapat memasukkannya dalam daftar barang bawaan, masukkan di tas kecil sehingga Anda dapat meminumnya saat diperlukan.

Nah, itulah 10 hal yang harus Anda persiapkan sebelum umrah. Konsultasikan dengan layanan travel umrah Anda serta ustad pembimbing apa yang harus dan tidak harus dipersiapkan. Semoga bermanfaat!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id